SEMUA manusia tentu menginginkan hidupnya berdampingan dengan orang yang dikasihinya. Begitu pun dengan umat muslim di dunia. Orang muslim yang beriman kepada Allah sangat menyayangi Rasulullah SAW. Tentu hidup berdampingan bersama beliau di surga menjadi idaman bagi mereka. Lalu, bagaimana caranya agar kita dapat meraihnya?
Jika Anda ingin bersama Rasulullah SAW di surga, Anda harus mencontoh (beruswah) apa yang dilakukan beliau. Memperbanyak ucapan shalawat kepadanya dan mencintainya. Dikatakan bahwa barangsiapa mencintai suatu kaum, ia dikumpulkan bersama mereka.
Selain mencontoh apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, maka Anda bisa melakukan amalan shalat nawafil (shalat tambahan) yang tidak memberatkan Anda,
yang sekiranya rutin dilakukan. Allah SWT tidak memaksa seseorang kecuali sesuai dengan kemampuannya.
Apabila Anda terbiasa shalat nawafil kemudian Anda sakit atau ada halangan lain, Anda akan tetap memperoleh pahalanya seperti waktu Anda sehat dan sempat melakukan shalat itu.
Namun demikian, semua yang dilakukan itu haruslah dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan kepada Allah. Rasululullah akan memberi syafaat kepada kita, dan hidup berdampingan dengan kita di surga kelak berdasarkan ketentuan dari-Nya pula. Karena Allah-lah yang menentukan nasib setiap manusia. Jikalau manusia itu melakukan ibadah tanpa menginginkan ridha dari-Nya, melainkan hanya untuk terlihat lebih baik oleh manusia lainnya, maka impiannya untuk bersama Rasulullah mustahil akan tercapai. []
Sumber: Anda Bertanya Islam Menjawab/Karya: Prof. Dr. M. Mutawalli asy-Sya’rawi/Penerbit: Gema Insani

0 Comments:

Post a Comment